2/13/2007

Musim Banjir

Jakarta, 8 Februari 2007


Pakabar Raffa…

Sekarang lagi musim banjir nih Nak. Sabtu kmrn, hampir semua Jakarta terendam banjir. Kontrakan Ayah ama Bunda juga nyaris kena. Kalo air masih naik sekitar 2 meter lagi, udah deh, Bunda terpaksa ngungsi. Tapi kalo kontrakan Bunda kerndam air se mata kaki aja, pasti rumah2 laen yang di bawah udah kelelep. Suasananya mencekam banget Sabtu malam itu. Sejak pagi udah ada berita di TV, dalam 12 jam bendungan Katulampa yang di Bogor akan mengirim air ke Jakarta karena kapasitas air diperkirakan akan melampaui batas, 12 jam itu kira-kira jam 10 malam. Bunda ama Ayah udah liat juga di TV banjir di mana-mana, bahkan sebelum ada kiriman air dari Bogor. Soalnya hujan deras udah mengguyur Jakarta sejak Jumat. Untunglah Ayah ama Bunda ga maksain masuk kantor Jumat itu, karena kalo Bunda ama Ayah ngantor, Bunda ga kebayang pulangnya gimana, kehalang banjir di mana-mana. Ayah masih sempet ngledekin Bunda tuh, karena Bunda maksa klo dah reda minta dianterin ke kantor.

Mulai Sabtu sore, Ayah ama Bunda udah nyiapin diri buat ngungsi. Ayah belanja dulu persediaan makanan ke Alfa trus pulangnya nyiapin surat-surat berharga termasuk ijazah, dalam satu koper. Trus di tas lain ada laptop, dompet, duit cash, dan lain2 yang kecil yang rasanya penting. Dua tas itu ayah yang bawa. Bunda juga nyiapin satu tas berisi makanan dan minuman dan satu lagi berisi baju2 seadanya. Walopun keadaan udah mendesak seperti itu, Bunda tetap inget sama makanan, abis kan ada Raffa di perut Bunda. Bunda ga mau ntar Raffa kekurangan asupan gizi. Apalagi Bunda pikir dalam keadaan seperti itu bakal susah banget nyari makanan. Ayah juga naikin mesin cuci ke atas tempat kompor gas, trus kompor gasnya dipindahin ke washtafel. Kasur yang dikamar belakang digulung dinaikin ke atas, baju2 bersih yang belum digosok juga, semua dinaikin ke atas meja kerja Ayah. Sementara buku2 dalam kardus yang ada di depan terpaksa ga bisa diapa2kan, soalnya selain banyak, ga ada tempat yang tinggi lagi. Kakek ama Nenek Raffa juga nelpon terus nanyain keadaan Bunda ama Ayah. Kakek Nenek cemas mikirin kita.

Malamnya Ayah ngubungin temennya yang ga kena banjir, dan temennya nawarin rumahnya buat Ayah ma Bunda ngungsi. Sebenernya lega juga, karena ada yang bakal nampung klo bener-bener kebanjiran, Tapi Bunda cemas juga sbenernya, apa bisa nyampe ke sana, takut kenapa-napa di jalan. Dalam pikiran Bunda saat itu, semua daerah terendam banjir, jalanan juga. (Baru besoknya Bunda tau Jalan Pasar Minggu aman2 aja, ga kebanjiran). Tiap satu jam, Ayah ke luar, nge-cek kondisi banjir yang di bawah udah setinggi apa. Tiap Ayah pulang, Bunda berdebar2, soalnya Ayah bawa kabar, “Udah sepintu rumah tukang sampah, Bun”, trus, “Udah naik lagi Bun, udah sampe rumah kuning, tapi masih selutut.”, trus “ Udah naik se meter lagi Bun.” Nah, itulah puncak kecemasan Bunda. Mana hujan terus lagi. Ayah suruh Bunda tidur aja, Bunda susah tidur. Tapi Bunda ama Ayah masih sempet becanda, daripada stress. Akhirnya tengah malam, Bunda ketiduran juga, bahkan Ayah juga sampe ketiduran, ga kuat lagi buat nge-cek air udah setinggi apa. Kira2 jam 3, hujan tiba-tiba deras banget, Bunda bangunin Ayah. Tapi Ayah, ga kuat bangun lagi kyanya, cuma megang lantai, basah ato ga. Abis Bunda ama Ayah emang kasurnya ga ada dipan, ngampar di lantai. Tapi Alhamdulillah, sampe pagi banjir ga sampe naik dan membanjiri kontrakan Bunda ama Ayah.

Sore hari Minggu Bunda ama Ayah jalan ke luar, ngeliat kondisi rumah2 warga yang kena banjir. Tragis! Bunda rasanya mau nangis liat orang-orang tertunduk lesu milihin barang-barangnya yang masih bisa dipake. Ada yang sibuk bersihin dinding rumahnya. Untunglah di daerah pejaten Timur ini masih gampang nyari air bersih, ga kebayang Bunda di daerah yang banjirnya paling parah kya di Kampung Melayu yang selain listriknya padam, air bersih juga susah dicari.

Alhamdulillah Raffa, Bunda ama Ayah baik-baik aja. Sejak itu malah Bunda ngerasain Raffa makin aktif bergerak. Bagi Bunda itu tandanya Raffa sehat dan makin lincah. Bunda ama Ayah juga makin yakin buat beli rumah aja, yang bebas banjir, ga mau ntar Raffa ngalamin banjir.

~Bunda~



Lilypie Expecting a baby Ticker

No comments: